Category Archives: Artikel Islam

ONE DAY ONE HADIST

Standar

images

Setiap Perbuatan Baik Adalah Sedekah

عن أَبي موسى رضي الله عنه عن النَّبيّ صلى الله عليه وسلم، قَالَ: ((عَلَى كلّ مُسْلِمٍ صَدَقَةٌ)) قَالَ: أرأيتَ إنْ لَمْ يَجِدْ؟ قَالَ: ((يَعْمَلُ بِيَدَيْهِ فَيَنْفَعُ نَفْسَهُ وَيَتَصَدَّقُ)) قَالَ: أرأيتَ إن لَمْ يَسْتَطِعْ؟ قَالَ: ((يُعِينُ ذَا الحَاجَةِ المَلْهُوفَ)) قَالَ: أرأيتَ إنْ لَمْ يَسْتَطِعْ، قَالَ: ((يَأمُرُ بِالمعْرُوفِ أوِ الخَيْرِ)) قَالَ: أرَأيْتَ إنْ لَمْ يَفْعَلْ؟ قَالَ: ((يُمْسِكُ عَنِ الشَّرِّ، فَإِنَّهَا صَدَقَةٌ)). مُتَّفَقٌ عَلَيهِ.

Dari Abu Musa r.a. dari Nabi s.a.w., sabdanya: “Setiap orang Islam itu harus bersedekah.” Abu Musa bertanya: “Tahukah Tuan, bagaimanakah jikalau ia tidak menemukan sesuatu untuk disedekahkan?” Beliau menjawab: “Kalau tidak ada hendaklah ia bekerja dengan kedua tangannya, kemudian ia dapat memberikan kemanfaatan kepada dirinya sendiri, kemudian bersedekah.” Ia bertanya lagi: “Tahukah Tuan, bagaimanakah jikalau ia tidak kuasa berbuat demikian?” Beliau menjawab: “Hendaklah ia memberikan pertolongan kepada orang yang menghajatkan bantuan.” Ia bertanya lagi: “Tahukah Tuan, bagaimanakah jikalau ia tidak dapat berbuat demikian?” Beliau menjawab: “Hendaklah ia memerintah dengan kebaikan atau kebagusan.” Ia bertanya lagi: “Tahukah Tuan, bagaimanakah jikalau ia tidak kuasa berbuat demikian.” Beliau menjawab: “Hendaklah ia menahan diri dari berbuat kejahatan, maka yang sedemikian itupun sebagai sedekah yang diberikan olehnya.” (Muttafaq ‘alaih)

Pelajaran yang terdapat di dalam hadist:

1- Setiap Muslim harus bersedekah: yaitu dalam hal yang berhubungan dengan akhlak yang mulia. Dan secara ijma’ dikatakan bahwa hal itu bukan merupakan fardu. Makna asal sedekah adalah harta yang dikeluarkan oleh seseorang secara sukarela. Namun adakalanya diartikan dengan sedekah wajib, karena pemilik harta selalu menjaga ketulusan (shidq) dengan sedekahnya ini.
2- Hadis ini menunjukkan bahwa segala kebaikan yang diperbuat atau diucapkan oleh seseorang niscaya akan ditulis sebagai suatu sedekah. 3- Begitu pula dengan menahan diri dari perbuatan mungkar
4- Di dalam hadis ini terdapat dorongan untuk bekerja, agar seseorang memperoleh hasil yang dengannya ia mampu menafkahi dirinya dan bersedekah, serta menjauhkannya dari kehinaan meminta-minta.
5- Di dalamnya terdapat perintah untuk melakukan kebaikan sedapat mungkin, dan bahwa orang yang bertujuan untuk melakukan perbuatan baik, kemudian dia mendapatkan kesulitan, maka hendaknya dia berpindah kepada perbuatan baik lainnya.

Tema hadist yang berkaitan dengan Al-Quran:

– Semua perbuatan dalam ayat dibawah ini disebut sebagai kebaikan dan tidak mendapatkan pahala kecuali dengan niat yang ikhlas.

لَا خَيْرَ فِي كَثِيرٍ مِنْ نَجْوَاهُمْ إِلَّا مَنْ أَمَرَ بِصَدَقَةٍ أَوْ مَعْرُوفٍ أَوْ إِصْلَاحٍ بَيْنَ النَّاسِ ۚ وَمَنْ يَفْعَلْ ذَٰلِكَ ابْتِغَاءَ مَرْضَاتِ اللَّهِ فَسَوْفَ نُؤْتِيهِ أَجْرًا عَظِيمًا

Tidak ada kebaikan dari banyak pembicaraan rahasia mereka, kecuali pembicaraan rahasia dari orang yang menyuruh (orang) bersedekah, atau berbuat kebaikan, atau mengadakan perdamaian di antara manusia. Barangsiapa berbuat demikian karena mencari keridhaan Allah, maka kelak Kami akan memberinya pahala yang besar.” [an-Nisâ’/4:114]

Iklan

Jogja Terbuat Dari Rindu

Standar

download (3)source gambar : airbnb.com

Jogja kota kenangan

Pesona tiada tara

Penuh sejuta angan

Rindu tak terkira

 

Jogja selalu istimewa

Karena Jogja kota indah

Bukan karena nama saja

Karena ia adalah

 

Ya adalah rindu

Berbalut kalbu

Rindu akan suasana syahdu

Damai menggebu

 

Jogja tetaplah kotaku

Kota selalu maju

Selalu

Membuat hati tak ragu

Itulah Jogjaku ❤❤❤

Tips Bahagia

Standar

27500522_270892896777456_5034476721929483815_o

Assalamualaikum,

Bahagia ? Satu kata yang tidak asing lagi. Setiap orang saling membahas satu kata yang familiar tersebut, namun tidak setiap orang dapat menerapkannya dengan mudah. Nah, bagaimana dengan anda sendiri ? Sudahkah bahagia ?

Tips bahagia intinya menurut penulis sendiri BERSYUKUR.

Kenapa ?

Bersyukur artinya kurang lebih menerima segala apapun yang kita miliki. Baik buruk semua dipandang dari sudut postif. Ya. Positif thingking. Pemikiran Positif cenderung akan mengubah emosi menjadi lebih positif, yaitu bahagia.

Hidup semua adalah pilihan, tinggal kita yang harus tentukan. Ingin terus bahagia atau nestapa. Merasa tertekan ? Atau bahkan tertantang saat menghadapi cobaan ?

Mari merenung sejenak. Dan sedikit berbenah diri 👍❤

Tips bahagia selain bersyukur, kita akan bahas satu-persatu.

1. Yakin bahwa segala masalah pasti ada solusinya.

Keyakinan kuat akan membuat kita tidak lagi berfikiran sempit akan suatu hal. Bisa dengan membaca atau sharing masalah anda kepada orang lain. Berfikir out of box artinya di luar masalah. Jika sedang ada masalah, cenderung akan tertutup pikiran bahagia lalu otomatis tindakan yang juga tidak bahagia.

2. Keyakinan haruslah disertai tindakan. Sekedar yakin saja belum cukup. Gabunglah bersama orang yang selalu positif. Karena tanpa bantuan orang lain, sering kali, masalah hanya terpusat pada anda.

3. Jalani tanpa keluhan. Banyak yang mengatakan bahwa setiap orang saling memandang. Bisa jadi yang kita keluhkan adalah kehidupan yang orang lain inginkan. Maka, jalani dengan tetap bahagia.

Masih belum bahagia  ?

Wah, banyak tips sebenarnya. Namun, belum sempat tertulis semua. Silahkan konsultasikan dengan saya di What’sApp 087839485070 😉

Yuk, dibaca lagi ya artikel dan tulisan saya selanjutnya. Trimakasih sudah mampir.

Wassalamu’alaikum

 

Sumber: dari berbagai sumber.

Tren Model Gamis 2018

Standar

Assalamu’alaikum,

Yuk, pakai gamis syari namun tetap dengan harga bersahabat. Mau aku kasih referensi ? Kepoin aja instagram @maxidress.grosir

Bisa jadi tahun 2018 menjadikan kamu muslimah yang semakin cantik dengan hijab. Aku kasih tips cantiknya ya di sini.

1. Pakai warna yang senada dengan gamismu, agar nampak lebih kasual dan tidak menjenuhkan mata.

2. Coba juga memberi aksesoris pada gamismu, agar tidak monoton warna polos.

3. Bisa dengan menggunakan model gamis motif, supaya lebih berwarna.

 

Selamat mencoba tren gamis terbaru 2018.

Wassalamu’alaikum

 

Bukti keagungan Allah SWT

Standar
Fenomena bersejarah baru saja terjadi tadi malam. Kita baru bisa melihat momen super blue blood moon  setelah 152 tahun penantian. Fenomena langka ini memperlihatkan tiga fase sekaligus, yakni fullmoonsupermoon, dan gerhana bulan secara bersamaan.

Animo orang-orang begitu besar untuk bisa melihatnya, terutama di Indonesia. Pemerintah juga turut memeriahkannya dengan menyediakan teleskop di sejumlah titik dan mengadakan salat gerhana berjamaah. Inilah 10 potret

1. Dengan mata telanjang, kamu bisa menyaksikan bulan sedekat ini di Banjarmasin

26872620-158409568273637-4414763799425318912-n-e856266d8a90ea89b261384085e7b35d
instagram.com/taqin.n

2. Ada yang ikut meramaikan kegiatan bersejarah tersebut di Ancol, Jakarta Utara?

untitled-2-ada33573126f2f820f7f4ab8558e4d37
instagram.com/ancoltamanimpian

3. Patung Pancoran seakan hanya satu centimeter dari bulan “raksasa” itu

26870550-1796743693952940-7679982423869751296-n-03a419268af52178a428c4eceb5cd971
instagram.com/bukanrastaman

4. Subhanallah. Kamu juga ikut salat gerhana di masjid Agung, Jawa Tengah, gak nih?

26318783-413527885770170-534315440818618368-n-f773c03cf67a782e6b8becfd6fe21c87
instagram.com/anan_adhe

5. Wow! Fase super blue blood moon ini tertangkap kamera di Makassar

26869883-148963275766673-1806308149133574144-n-e46dadc0c0da82a273e1e4259440b4bb
instagram.com/rsyahrulhs

6. Pemandangan lampu kota yang berpadu dengan momen langka di Puncak Mas, Bandar Lampung

26863587-734071286783774-520055848748187648-n-91dc97d76cbe36c31472f4d3808bb33a
instagram.com/geoevhans

7. Cuaca di Palu juga sangat mendukung, ini video gerhana yang berhasil diabadikan Jufri Alwi

Loading video…

 

8. Mengintip kecantikan gerhana bulan dari kafe Orange Puncak, Sulawesi Tengah

26863366-2067075813307213-7801190103224680448-n-7abd2a18e68017b93fe35044b1dec3e6
instagram.com/ivan_jonadie

9. “Detik-detik menjelang gerhana bulan,” tulis Dahniel asal Minang, Sumatera Barat, melalui akun Instagramnya

26867206-2033182283634107-597129573745819648-n-991a16d4f82a01b8b523eaee44fbd644
instagram.com/dahniel_bukittinggi

10. Jadi setelah adanya fenomena ini, apakah masih ada yang berpikir bahwa bumi itu datar?

26870343-211599076071103-4022913772434751488-n-9e8f6293fc0b0bb0a7fad794f09af921
instagram.com/thoriq_aljabar

Nah, itulah penampakansuper blue blood moon di Indonesia yang berhasil diabadikan. Dibandingkan tempat lain, Indonesia benar-benar gak kalah epic, ya?

Cerita Tentang Suami Istri

Standar

26231255_883067531862952_5255440433706449483_n

Suami dan istri harus baca.
Begitu juga para calon suami dan calon istri, cerita yang sangat perlu dibaca.

Insha Allah cerita ini bisa diambil ibroh dan hikmahnya…

“Teeng…”
Terdengar denting bunyi jam 1 kali, menandakan jam 01.00 dini hari.
“Assalamu’alaikum…!”
Ucapnya lirih Abdurrahman saat masuk rumah.
Tak ada orang yang menjawab, Dia tahu istri dan anak-anaknya pasti sudah tidur.
“Biarlah malaikat yang menjawab salamku,”
Gumamnya dalam hati.
Diletakkanlah tas, ponsel dan kunci-kunci di meja.

Setelah itu, barulah Abdurrahman menuju kamar mandi sekalian berwudlu kemudian berganti pakaian.
Semua tertidur pulas, tak ada satu-pun yang terbangun.
Segera dia beranjak menuju kamar tidur.
Pelan-pelan dibukanya pintu kamar.
Dia tidak ingin menggangu istrinya yang sedang pulas tidur.
Benar saja istrinya tidak terbangun, tidak menyadari kehadiran suaminya.
Kemudian Abdurrahman duduk di pinggir tempat tidurnya.
Dipandanginya dalam-dalam wajah Qonitat istrinya.
Abdurrahman teringat perkataan almarhum ayahnya, dulu sebelum dia menikah.
Ayahnya berpesan :
“Jika kamu sudah menikah nanti:
•Jangan berharap kamu punya istri yang sama persis dengan keinginanmu.
Karena kamu pun juga tidak sama persis dengan maunya.
•Jangan pula berharap mempunyai istri yang punya karakter sama seperti dirimu. Karena suami istri adalah dua orang yang berbeda. Dia bukan untuk disamakan tapi untuk saling melengkapi.
Dan..
°Jika suatu saat ada yang tidak berkenan di hatimu, atau kamu merasa jengkel, marah, dan perasaan tidak enak yang lainnya, Maka..
Lihatlah ketika istrimu tidur..”
“Kenapa Yah, kok waktu dia tidur?”
Tanyanya kala itu.
Ayahnya menjawab :
“Nanti kamu akan tahu sendiri”

Waktu itu, dia tidak sepenuhnya memahami maksud ayahnya, tapi ia tidak bertanya lebih lanjut, karena ayahnya sudah mengisyaratkan untuk membuktikannya sendiri.

Malam itu, Abdurrahman mulai memahaminya. Malam itu, dia menatap wajah istrinya lekat-lekat.
Semakin lama dipandangi wajah istrinya, semakin membuncah perasaan di dadanya.
Wajah polos istrinya saat tidur benar-benar membuatnya terkesima.
Raut muka tanpa polesan, tanpa ekspresi, tanpa kepura-puraan, tanpa dibuat-buat.
Pancaran tulus dari kalbu.
Memandanginya menyeruakkan berbagai macam perasaan.
Ada rasa sayang, cinta, kasihan, haru, penuh harap dan entah perasaan apa lagi yang tidak bisa ia gambarkan dengan kata-kata.
Dalam batin, Dia bergumam,
“Wahai istriku, engkau dulu seorang gadis:
•Yang leluasa beraktivitas,
•Banyak hal yang bisa kau perbuat dengan kemampuanmu. Lalu aku menjadikanmu seorang istri. •Menambahkan kewajiban yang tidak sedikit.
•Memberikanmu banyak batasan,
•Mengaturmu dengan banyak aturan.
Dan aku pula..
•Yang menjadikanmu seorang ibu. •Menimpakan tanggung jawab yang tidak ringan.
•Mengambil hampir semua waktumu untuk aku dan anak-anakku.
Wahai istriku..
Engkau yang dulu bisa melenggang kemanapun tanpa beban, kini aku memberikan beban di tanganmu, dan dipundakmu..
•Untuk mengurus keperluanku,
•Guna merawat anak-anakku, juga
•Memelihara kenyamanan rumahku.
Kau relakan waktu dan tenagamu melayaniku dan menyiapkan keperluanku.
Kau ikhlaskan rahimmu untuk mengandung anak-anakku.
Kau tanggalkan segala atributmu untuk menjadi pengasuh anak-anakku.
Kau buang egomu untuk menaatiku.
Kau campakkan perasaanmu untuk mematuhiku.

Wahai istriku..
Di kala susah, kau setia mendampingiku.
Ketika sulit, kau tegar di sampingku.
Saat sedih, kau pelipur laraku.
Dalam lesu, kau penyemangat jiwaku.
Jika aku gundah, kau penyejuk hatiku.
Kala aku bimbang, kau penguat tekadku.
Bila aku lupa, kau yang mengingatkanku.
Ketika aku salah, kau yang menasehatiku.

Wahai istriku..
Telah sekian lama engkau mendampingiku.
Kehadiranmu membuatku menjadi sempurna sebagai laki-laki.
Lalu, atas dasar apa aku harus kecewa padamu..?!
Dengan alasan apa aku marah padamu..?!
Andai kau punya kesalahan atau kekurangan.
Semuanya itu tidak cukup bagiku untuk membuatmu menitikkan air mata.
Akulah yang harus membimbingmu.
Aku adalah imammu.
Jika kau melakukan kesalahan.
Akulah yang harus dipersalahkan karena tidak mampu mengarahkanmu.
Jika ada kekurangan pada dirimu.
Itu bukanlah hal yang perlu dijadikan masalah.
Karena kau insan, bukan malaikat.
Maafkan aku istriku..
Kaupun akan kumaafkan jika punya kesalahan.

Mari kita bersama-sama membawa bahtera rumah tangga ini hingga berlabuh di pantai nan indah, dengan hamparan keridhoan Allah azza wa jalla.

Segala puji hanya untuk Allah azza wa jalla yang telah memberikanmu sebagai jodoh untukku.”

Tanpa terasa air matanya menetes deras di kedua pipinya.
Dadanya terasa sesak menahan isak tangis.
Segera ia berbaring di sisi istrinya pelan-pelan.
Tak lama kemudian ia pun terlelap.

“Teeng..teeng..”
Jam dinding di ruang tengah berdentang dua kali.
Qonitat, istri Abdurrahman terperanjat sambil terucap :
“Astaghfirullah, sudah jam dua..!”
Dilihatnya sang suami pulas di sampingnya.
Pelan-pelan ia duduk, sambil berdoa memandangi wajah sang suami yang tampak kelelahan.
“Kasihan suamiku, aku tidak tahu kedatanganmu.
Hari ini aku benar-benar capek, sampai-sampai nggak mendengar apa-apa.
Sudah makan apa belum ya dia..?!”
Gumamnya dalam hati.
Ada niat mau membangunkan, tapi ach.. tidak tega.
Akhirnya dia cuma pandangi saja wajah suaminya.
Semakin lama dipandang, semakin terasa getar di dadanya.
Perasaan yang campur aduk, tak bisa diungkapkan dengan kata-kata.
Hanya hatinya yang bicara :
“Wahai suamiku, aku telah memilihmu untuk menjadi imamku.
Aku telah yakin bahwa engkaulah yang terbaik untuk menjadi bapak dari anak-anakku.
Begitu besar harapan kusandarkan padamu.
Begitu banyak tanggungjawab kupikulkan di pundakmu.
Wahai suamiku..
•Ketika aku sendirian..
Kau datang menghampiriku.
•Saat aku lemah..
Kau ulurkan tanganmu menuntunku.
•Dalam duka..
Kau sediakan dadamu untuk merengkuhku.
•Dengan segala kemampuanmu..
Kau selalu ingin melindungiku.
Wahai suamiku..
•Tak kenal lelah kau berusaha membahagiakanku.
•Tak kenal waktu kau tuntaskan tugasmu.
•Sulit dan beratnya mencari nafkah yang halal, tidak menyurutkan langkahmu.
Bahkan sering kau lupa memperhatikan dirimu sendiri, demi aku dan anak-anak.
Lalu..
Atas dasar apa aku tidak berterimakasih padamu.
Dengan alasan apa aku tidak berbakti padamu?
Seberapa pun materi yang kau berikan,
itu hasil perjuanganmu, buah dari jihadmu.
Walau kau belum sepandai da’i dalam menasehatiku,
Tapi..
Kesungguhan & tekadmu beramal sholeh, mengajakku dan anak-anak istiqomah di jalan Alloh..
Membanggakanku dan membahagiakanku.
Maafkan aku wahai suamiku..
Akupun akan memaafkan kesalahanmu.
Alhamdulillah.. segala puji hanya milik Allah.
Yang telah mengirimmu menjadi imamku.
Aku akan taat padamu untuk mentaati Alloh.
Aku akan patuh kepadamu untuk menjemput ridho-Nya..”

ربنا هب لنا من أزواجنا وذريتنا قرة أعين واجعلنا للمتقين إماما
“Robbana hablana min azwajina wa dzurriyatina qurrota ‘ayun waj’alna lil muttaqiina imaama”…Aamiin